Pantai Balekambang – Informasi Lengkap Wisata Pantai di Malang

Balekambang Beach

Pantai Balekambang – Pantai yang tidak kalah pesonanya dengan pantai-pantai di Bali ini mampu menarik perhatian turis manca negara maupun domestik. Keadaan geografisnya yang mirip dengan objek wisata Tanah Lot di Bali, membuat pantai Balekambang ini memiliki julukan “Tanah Lot-nya Jawa Timur”.

Lokasi cukup jauh dari pusat kota Malang yakni berada di daerah Balekambang, Bantur, Malang. Jarak kurang lebih 67 kilometer. Jika menggunakan kendaraan pribadi dapat ditempuh selama 1,5-2 jam.

Pantai Balekambang - travellinggarage

Pantai ini mulai menjadi andalan wisata kota Malang dari tahun 1985, sampai sekarang performa pantai ini terus ditingkatkan. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alamnya, gelombang ombak memanjang sampai dua kilometer, dan pasir putih yang bersih. Terkadang pantai ini menjadi tempat latihan klub sepak bola seperti Persema dan Arema.

Baca Juga :
Wisata Baru di Malang
Pilihan Wisata Petik Apel Malang

Keunikan Pantai Balekambang

Seperti tempat wisata lain yang memiliki keunikan tersendiri, pantai ini juga memiliki keunikan yang membuatnya dapat bersaing dengan tempat wisata lain. Berikut tiga keunikan pantai ini:

Pesona Tiga Pulau Utama

Tidak jauh dari bibir pantai, terdapat tiga pulau kecil yang bernama Pulau Ismoyo, Wisanggeni dan Anoman. Nama pulau ini diambil dari tokoh pewayangan. Ketiga pulau ini menjadi cerminan dari adat istiadat masyarakat sekitar. Wisatawan dapat menggunakan jembatan sepanjang 100 meter dari pantai menuju ke Pulau Ismoyo.

Mitos Balekambang

Wisatawan yang sudah sering ke pantai ini tentunya tidak asing dengan mitos yang berkembang. Mitos yang pertama adalah jika ada pasangan yang belum menikah datang ke pantai ini, dipercaya akan kandas hubungannya.

Air laut Pantai Balekambang juga dipercaya mempunyai khasiat awet muda. Banyak wisatawan yang datang dan mandi di bibir pantai untuk membuktikan kebenaran mitos awet muda ini. Meski kedengarannya tidak masuk akal, tidak sedikit juga orang yang mempercayainya.

Wisata Religi

Salah satu keunikan pantai ini adalah adanya dua wisata religi dari agama berbeda. Pertama adalah upacara Nyepi yang diadakan di Pura Amarta Jati. Pura yang terletak di Pulau Ismoyo ini, menjadi sarana ibadah bagi penganut agama Hindu. Selain itu, upacara ini juga menarik perhatian turis domestik dan manca negara.

Wisata religi yang kedua adalah setiap malam suro, makam Syaikh Abdul Jalil akan ramai pengunjung yang berziarah. Warga sekitar sangat menghormati Syaikh Abdul Jalil karena jasanya membuka hutan untuk membuat akses menuju pantai.

Akses Ke Pantai Balekambang

Untuk wisatawan yang ingin berlibur disini akses menuju tempat wisata sangat mudah sekali. Jika wisatawan menggunakan kendaraan pribadi, dapat mengambil jalur dari arah Gadang dan Kendalpayak dari Malang. Ikuti jalan sampai Desa Gondanglegi, Bantur dan Srigonco lalu lanjutkan perjalanan sampai pantai.

Balekambang Beach

Jika menggunakan transportasi umum bisa mengambil rute yang mengarah ke Terminal Arjosari Malang. Dari situ naik angkutan kota yang menuju Terminal Gadang dan berganti angkutan ke daerah Bantur. Berhenti di daerah kecamatan Gondanglegi atau Pagelaran dan pengunjung dapat menyewa ojek untuk sampai tujuan.

Baca Juga :
Pantai Terindah di Malang
Wisata Malam di Malang

Harga Tiket Dan Penginapan

Masuk wisata pantai ini dikenai harga tiket Rp 10.000 untuk hari Senin-Jumat, untuk hari libur dan weekend dikenai Rp 15.000 per orang. Biaya parkir untuk sepeda motor Rp 5.000 dan kendaraan beroda empat Rp 10.000.

Wisatawan dapat menginap di pantai ini jika ingin berlibur dalam jangka waktu beberapa hari. Di sekitar pantai tersedia penginapan, villa dan hotel dengan tarif menginap mulai Rp 200.000 per malam.

Fasilitas Yang Tersedia

Di pantai ini juga menyediakan layanan outbond berupa permainan flying fox. Pengunjung dapat menikmati permainan ini dengan membayar sebesar Rp 20.000 per orang. Sinyal internet dan telepon bagus di daerah pantai. Selain itu banyak warung makan dan toko oleh-oleh khas Malang berderet di sepanjang daerah pantai.

Bagaimana? Sudah tertarik mengunjungi salah satu keindahan alam Indonesia ini? Jika mengunjungi Pantai Balekambang jangan lupa berfoto ria dan membagikan momen bersama teman dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *