letak-pantai-clungup-malang

Destinasi Pantai Clungup, Raja Ampatnya Malang

Malang mempunyai banyak tempat wisata yang menarik, salah satunya adalah pantai Clungup. Pantai ini terletak di desa Sitiharjo (Kecamatan Sumbermanjing Wetan), tepatnya didalam tempat konservasi hutan bakau. Pantai Clungup juga ini dikenal sebagai raja ampatnya Malang.

Hal itu dikarenakan pantai ini memiliki pasir putih, lautan biru yang memiliki banyak terumbu karang yang indah. Berikut adalah informasi lengkap mengenai Pantai Clungup.

Rute Dan Tiket Masuk

Pantai clungup masih tergolong sebagai tempat wisata yang masih baru. Letaknya pun di dalam tempat konservasi hutan bakau, sehingga butuh tour guide untuk kesana. Dari kota Malang, ikuti  petunjuk arah menuju ke Pantai Sendangbiru. Setelah itu, masuk ke arah kanan (jalan menuju pantai goa china).

Setelah sampai di kawasan pantai ini, parkir kendaraan terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan ada larangan membawa kendaraan apapun ke kawasan konservasi . Untuk menuju ke pantai ini,  berjalan kakilah  ke arah timur sejauh 500 meter.

Biaya untuk masuk pantai clungup adalah sebesar Rp. 6.000 per orang. Harga ini sudah termasuk biaya harga camping selama semalam.

Namun, harga ini dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk biaya parkir, biasanya wisatawan harus membayar sekitar 2.000-3.000 rupiah untuk motor dan 7.000 untuk mobil.  Apabila ingin menyewa seorang tour guide untuk menemani perjalanan dan menunjuk arah, harganya sekitar Rp. 75.000.

Hal Yang Dapat Dilakukan Di Pantai Clungup

pantai clungup

Ada banyak hal menarik yang dapat dilakukan di pantai ini. Berikut adalah hal-hal menarik yang dapat dilakukan selama berlibur di pantai clungup :

1. Berenang

Pantai Clungup berbeda dengan pantai kawasan laut selatan lainnya yang berombak besar. Pantai ini terkenal dengan ombaknya  yang tenang, sehingga cocok untuk berenang. Ombak yang tenang di pantai  ini disebabkan oleh bakau-bakau di dekat pantai ini.

2. Snorkeling

Selain berenang, indahnya bawah laut pantai clungup juga dapat dinikmati dengan snorkeling. Apabila tidak memiliki alat-alat snorkeling, peralatannya dapat disewa seharga Rp. 15.000 saja.

Dengan harga tersebut pengunjung sudah mendapatkan alat-alat snorkeling lengkap seperti kacamata, pelampung dan alat bantu bernafas. Ada banyak terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang bisa dinikmati keindahannya disini.

3. Menikmati Pemandangan Pantai-Pantai Lainnya

Pantai Clungup terhubung dengan banyak pantai lainnya seperti Gatra dan Teluk Asmoro.  Apabila bosan menikmati satu pantai saja, pengunjung juga dapat menjelajahi dua pantai tersebut. Cukup dengan sedikit berjalan kaki untuk menjelajahi keindahan pantai-pantai tersebut.

4. Menjelajahi Asrinya  Hutan Bakau

Kawasan pantai clungup terletak di konservasi hutan bakau.  Alam dari hutan bakau yang masih alami dan asri dapat dinikmati bersama keluarga  selagi berjalan  ke pantai. Selain itu, pengunjung dapat berwisata edukasi tentang pentingnya hutan bakau bersama keluarga.

5. Berkemah Bersama Teman-Teman

Dalam kawasan pantai ini belum  tersedia penginapan. Maka dari itu, pengunjung dapat berkemah bersama teman-teman atau keluarga untuk menikmati keindahan malam disini. Suasana pantai yang masih asri dan belum banyak dikunjungi orang membuat suasana berkemah menjadi asyik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *